Senin, 15 Oktober 2012

Islam Mengajarkan Umat Manusia Menyebarkan Perdamaian dan Keadilan


Aksi kekerasan atas nama agama di Indonesia telah mencoreng Islam sebagai agama rahmat bagi alam semesta. Karena itu, perlu langkah-langkah konkrit yang harus dilakukan agar Islam tidak disangkut pautkan dengan aksi kekerasan segelintir orang yang tidak bertanggung jawab, dan menodai nama baik agama tersebut.

Sebagai publik figur, Oki Setiana Dewi mengajak segenap masyarakat untuk menggali agama Allah SWT, dan menunjukkan pada dunia bahwa Islam bukan agama kekerasan, melainkan agama cinta damai. Ia mengajak seluruh komponen masyarakat, khususnya generasi muda untuk mengembalikan nilai-nilai Islam itu, dimulai dari diri sendiri.

Rasulullah SAW, kata Aktris film Ketika Cinta Bertasbih (KCB) ini, meninggalkan dua pedoman sebagai pegangan dan petunjuk bagi umat manusia dalam kehidupan sehari-hari. Pedoman tersebut merupakan sumber ajaran Islam, yaitu Alquran dan Hadis.

“Sebagai umat Islam, wajib hukumnya mempelajari dua pedoman itu dengan benar dan komprehensif. Serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Oki pada Lazuardi Birru.

Dengan pemahaman dan penafsiran yang benar, lanjut Oki, insyaallah akan menemukan makna bahwa Islam itu mengajarkan sesuai dengan nama Allah yaitu, Ar-Rahman dan Ar-Rahim, Maha Penyayang dan Maha Pengasih.

Dalam asma Allah, yang dikenal dengan sebutan al-asmaul husna, Islam mengajarkan umat manusia untuk berkasih sayang, menyebarkan perdamaian, dan keadilan. Hal itu sesuai dengan nama Allah yang termaktub dalam Alquran.

Karena itu, Oki menilai, kesalahan dari tindakan kekerasan atas nama agama bukan terletak pada agama, namun terletak pada pemahaman yang tidak menyeluruh dalam menafsirkan ajaran agama. “Ketika ajaran agama dilaksanakan secara komprehensif, maka nilai-nilai Islam sebagai agama rahmat bagi alam semesta bisa terwujud,” kata muslimah ini.

Menurut dia, Islam mengajarkan umat manusia untuk berkasih sayang pada semua orang tanpa membeda-bedakan, baik suku bangsa, etnis, maupun agama dan kepercayaannya. Islam sama sekali tidak mengajarkan kekerasan, dan kebencian. Ajaran Islam seperti ini sangat relevan dengan kondisi Indonesia yang majemuk.[

Tidak ada komentar:

Posting Komentar