Senin, 03 September 2012

Terduga Teroris di Bandung Terkait Jaringan Hacker


MK alias Maman alias Ashabur Rasyid, terduga teroris yang ditangkap oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri di sebuah perusahaan IT di Bandung, diduga adalah seorang peretas (hacker) jaringan internet yang terlibat pendanaan kasus terorisme.

“Kita duga dia adalah hacker. Pemain carding yang sementara ini kita tangkap dan akan kita cari keterangan tambahan,” kata seorang penyidik enggan disebutkan namanya seperti dilansir laman Beritasatu.

Penyidik itu menyebutkan, pelaku yang ditangkap berinisial MK, kelahiran 14 September 1981, dan beralamat di Perum Pawenang II No A3, Arcamanik, Kelurahan Cisaranteun, Bandung Timur. Dia diduga terkait dengan Rizki Gunawan, tersangka terorisme yang ditangkap di Jakarta Mei lalu.

“Kami punya waktu 7×24 jam untuk menentukan statusnya, apakah saksi ataukah akan menjadi tersangka,” ungkap sumber tersebut.

Rizki Gunawan adalah sarjana muda akutansi yang berhasil membobol sebuah situs multi level marketing (MLM), dan mendapatkan dana haram senilai Rp5,937 miliar. Uang miliaran rupiah itu digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan aksi terorisme, setelah sebelumya ‘dicuci’ dengan cara dibelikan beberapa benda di Medan yang telah disita Juni lalu.

Dengan  dana itu, Rizki memberi dukungan pelatihan paramiliter di Poso senilai Rp.667 juta bersama tersangka lain, Cahya Fitrianta yang telah ditangkap Mei lalu di Bandung. Rizki juga terlibat dalam pendanaan pengeboman Gereja Kepunton, Solo pada 25 September 2011.


Sumber: Beritasatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar