Kamis, 26 Juli 2012

FAKTOR PENDUKUNG TERBENTUKNYA RADIKALISME DAN TERORISME DI INDONESIA


Penulisan karya ilmiah ini dilatar belakangi oleh maraknya aksi-aksi terror yang terjadi di beberapa tempat yang di lakukan oleh sekelompok orang di negara  Indonesia baik itu menggunakan bom (sebagaimana yang dilakukan oleh Dr. Azhari, Nordin M. Top, Iman Samudra dan lain-lain)  maupun senapan akhir-akhir ini (sebagaimana yang dilakukan oleh Abdullah Sonata beserta teman-temannya). Yang mana hal ini, sangat membuat resah rakyat dan pemerintah Indonesia. Dan masih terdapatnya kesalahpahaman makna dari jihad itu sendiri. Sehingga dari sana muncullah bentuk-bentuk radikalisme dan terorisme yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Karya ilmiah ini menggunakan teori-teori dari beberapa literatur, dan berdasarkan penelitian penulis sendiri. Melalui informasi-informasi yang di dapat dari berbagai stasiun televisi. Dari teori-teori tersebut ada yang diambil dari buku maupun internet.

Penulis mengambil kesimpulan bahwa, factor yang paling utama yang sangat mendukung terbentuknya radikalisme dan terorisme di Indonesia adalah adanya semgat jihad yang terlalu berlebihan dan terdapat kesalah pahaman dari arti jihad itu sendiri. Dan tidak tepatnya pelaksanaan jihad serta tingginya rasa fanatisme terhadap suatu paham di Indonesia mengakibatkan timbulnya berbagai bentuk radikalisme dan teerorisme di Indonesia. Dan dari pemerintah itu sendiri, tidak tegaknya hukum di Indonesia membuka  peluang yang sangat besar sekali munculnya radikalisme dan terorisme di Indonesia. Di dalam undang-undang, perzinahan dilarang, namun tempat-tempat perzinahan itu sendiri masih banyak bercokol di atas tanah air tercinta ini, ini sungguh sangat ironis, minuman keras dilarang, namun di tempat-tempat umum minuman keras masih dapat dijual bebas karena ada yang menganggap minuman itu dapat menjadi obat untuk beberapa penyakit, yang biasanya jenis minuman ini berasal dari luar negeri seperti Eropa.

Perjudian dilarang, namun berbagai bentuk perjudian dari kelas kakap sampai kelas kelas teri masih tampak jelas di permukaan tanah air kita ini.  Timbulnya rasa fanatisme yang berlebihan juga dapat mengakibatkan timbulnya tindakan-tindakan yang bersifat radikal. Yang mana hal ini harus di bendung dari sejak awal. Dari usia anak-anak maupun remaja.
Penulis : TONY HENDRA. SE.I



Tidak ada komentar:

Posting Komentar