Rabu, 25 Juli 2012

Dicurigai Latihan Teroris, Tiga Warga Inggris Ditangkap


London, Tiga warga Muslim Inggris termasuk seorang di antaranya yang diketahui mualaf, ditangkap karena melakukan perjalanan dan dituduh berlatih bersama teroris di Pakistan. Ketiganya dianggap berniat untuk melakukan aksi teror.

"Richard Dart, Imran Mahmood dan Jangahir Alom, bepergian ke Pakistan antara tahun 2010 dan 2012. Mereka berniat untuk melakukan aksi teror atau membantu melakukan teror," jelas pernyataan pihak Scotland Yard, seperti dikutip Associated Press, Kamis (19/7).

Scotland Yard menambahkan, ketiganya juga memberikan beberapa orang tertuduh teror lainnya dengan saran dan pengetahuan tentang cara melakukan perjalanan ke Pakistan. Hal tersebut juga termasuk cara mencari tempat pelatihan teror dan panduan untuk menetap sementara  di Pakistan.

Salah seorang yang ditahan yakni Richard Dart diketahui sempat muncul di film dokumenter dari stasiun televisi BBC berjudul, "My Brother the Islamist". Film itu mengetengahkan tentang upaya adik tiri Dart, Robb Leech yang ingin memahami sikap Dart yang meninggalkan keluarganya dan merengkuh Islam.

Dart juga pernah menyiarkan video kritikan di YouTube, dimana dirinya mengkritik keras keluarga Kerajaan Inggris. Dia pun mengecam pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton serta kebijakan luar negeri Inggris.

Menjelang pelaksanaan Olimpiade 27 juli mendatang, pihak Kepolisian Inggris terus memperketat pengamanan. Pihak intelijen mengatakan, pihaknya terus berusaha melacak kemungkinan serangan dari pihak ekstrimis yang mengincar pelaksanaan olimpiade.

Tetapi polisi menegaskan penangkapan terhadap ketiga orang ini tidak terkait dengan olimpiade.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar